GAYA BELAJAR
GAYA BELAJAR VISUAL, AUDIOTORIAL, KINESTETIK
Selain gaya belajar yang dikemukakan oleh Anthony Gregore di atas ada juga gaya belajar yang lain.
Dalam buku Quantum Learning dipaparkan 3 modalitas belajar seseorang yaitu : “modalitas visual, auditori atau kinestetik (V-A-K). Walaupun masing_ masing
dari kita belajar dengan menggunakan ketiga molalitas ini pada tahapan
tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara
ketiganya”.
1. Visual (belajar dengan cara melihat)
1. Visual (belajar dengan cara melihat)
Bagi
siswa yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah
mata / penglihatan ( visual ), dalam hal ini metode pengajaran yang
digunakan guru sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan /
media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran
tersebut, atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung pada
siswa atau menggambarkannya di papan tulis. Anak yang mempunyai gaya
belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya
untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan
agar dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan
gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan
tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan
video. Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai
detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.
Ciri-ciri gaya belajar visual :
Ciri-ciri gaya belajar visual :
- – Bicara agak cepat
- – Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
- – Tidak mudah terganggu oleh keributan
- – Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
- – Lebih suka membaca dari pada dibacakan
- – Pembaca cepat dan tekun
- – Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
- – Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
- – Lebih suka musik dari pada seni
- – Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya.
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :
- Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.
- Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
- Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.
- Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
- Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.
2. Auditori (belajar dengan cara mendengar)
Siswa
yang bertipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui
telinga ( alat pendengarannya ), untuk itu maka guru sebaiknya harus
memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya. Anak yang
mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan
menggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Anak
auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch
(tinggi rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya.
Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi anak
auditori mendengarkannya. Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal
lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset.
Ciri-ciri gaya belajar auditori :
- – Saat bekerja suka bicaa kepada diri sendiri
- – Penampilan rapi
- – Mudah terganggu oleh keributan
- – Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
- – Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
- – Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
- – Biasanya ia pembicara yang fasih
- – Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
- – Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
- – Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
- – Berbicara dalam irama yang terpola
- – Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :
- Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
- Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.
- Gunakan musik untuk mengajarkan anak.
- Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
- Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.
- Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)
Anak
yang mempunyai gaya belajar kinestetik belajar melalui bergerak,
menyentuh, dan melakukan. Anak seperti ini sulit untuk duduk diam
berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi
sangatlah kuat. Siswa yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak
dan sentuhan.
Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :
Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :
- – Berbicara perlahan
- – Penampilan rapi
- – Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
- – Belajar melalui memanipulasi dan praktek
- – Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
- – Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
- – Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
- – Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
- – Menyukai permainan yang menyibukkan
- – Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
- – Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:
- Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.
- Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).
- Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.
- Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.
- Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.
Gaya
belajar dapat menentukan prestasi belajar anak. Jika diberikan strategi
yang sesuai dengan gaya belajarnya, anak dapat berkembang dengan lebih
baik. Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Artinya,
setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda.
Gaya belajar lain yang juga unik adalah yang disebut Tactual Learners
atau kita harus menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu
agar kita bisa mengingatnya. Tentu saja, ada beberapa karekteristik
model belajar seperti ini yang tak semua orang bisa melakukannya.
Pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama
agar kita bisa terus mengingatnya. Kedua, hanya dengan memegang kita
bisa menyerap informasinya tanpa harus membaca penjelasannya. Karakter
ketiga adalah kita termasuk orang yang tidak bisa/tahan duduk terlalu
lama untuk mendengarkan pelajaran. Keempat, kita merasa bisa belajar
lebih baik bila disertai dengan kegiatan fisik. Karakter terakhir,
orang-orang yang memiliki gaya belajar ini memiliki kemampuan
mengkoordinasikan sebuah tim dan kemampuan mengendalikan gerak tubuh (athletic ability).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar